Source » http://www.wakrizki.net/2011/09/membuat-judul-blog-bergerak.html#ixzz1k0Wnoc61
BaliEvents

Selasa, 15 November 2011

ASEAN Film Festival Memiliki Nilai Strategis Untuk Mengembangkan Jaringan Industri Kreatif

Jakarta10 November 2011 " Kegiatan ASEAN Film Festival (AFF2011akan berlangsung pada 16-17 November di Bali. Dengan mengusung tema ASEAN: The Global Film Connection ajang tersebut akan diisi dengan tiga acara utama yakni pemutaran 10 film pilihan dari masing-masing negara anggota ASEAN, seminar yang membahas berbagai isu perfilman dalam lingkup ASEAN, dan resepsi red carpet dan gala dinner. Penyelenggaraan AFF ini tidak terlepas dari gagasan pemerintah Indonesia yang tahun ini menjadi Ketua ASEAN 2011 dan juga dukungan dari semua negara anggota ASEAN.
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Mari Elka Pangestu berharap AFFyang menjadi bagian dari kegiatan ASEAN Fair 2011 ini mampu memberikan ruang kepada film ASEAN untuk berkontribusi tidak hanya sebagai pilar penopang masyarakat sosial-budaya ASEAN tetapi juga untuk pembangunanmasyarakat ekonomi ASEAN. AFF juga memiliki nilai strategis untukmemupuk dan mengembangkan jaringan industri kreatif, dalam rangka membangun kebersamaan antar negara-negara anggota ASEAN di dalam pengembangan industri kreatif yang saat ini didominasi oleh negara-negara seperti Amerika Serikat, India, Jepang, dan Cina, tegas Mari dalam jumpa pers di gedung Kemenparekraf (10/11).
Mari menekankan pentingnya penyelenggaraan AFF ini dapat berjalan suksesagar nama Indonesia akan dicatat dalam sejarah perfilman di kawasan regional ASEAN dan yang lebih penting lagi kerjasama negara-negara anggota ASEAN di bidang perfilman akan semakin meningkat.
Dalam AFF kali ini film-film yang akan diputar diantaranya ETERNITY karya sutradara M.L. Pundhevanop Dhewakul (Film Terbaik Thailand National Film Awards 2011), EMIL karyas utradara Philippines (Film Terbaik Film Academy of Philippines, 2011) dan BUNOHAN karya sutradara Dain Said, film Malaysia yang paling banyak diekspor ke mancanegara dan baru saja diputar di salah satu festival bergengsi dunia, Toronto International Film Festival 2011. Indonesia sendiri akan diwakili oleh DI BAWAH LINDUNGAN KABAH karya sutradara Hanny R. Saputra, yang mewakili Indonesia dalam seleksi Academy Awards 2011 kategori Film Bahasa Asing Terbaik. Semua pemutaran film akan dihadiri oleh sutradara atau produser.
Pada kesempatan yang sama Menparekraf mengemukakan pentingnya festival film sebagai sarana promosi kebudayaan (masyarakat) dan tentu saja untuk menjual lokasi syuting film, baik bagi anggota ASEAN maupun pemangku kepentingan film internasional. Beberapa negara ASEAN sudah lama dijadikan sebagai lokasi syuting beberapa film box office dunia.Indonesia kini juga tengah dilirik oleh produser asing, dan pada tahun ini sudah ada 99 tim/produser film asing yang melakukan syuting di Indonesia, diantaranya terdapat 3 film layar lebar. Permintaan syuting dari produser layar lebar diperkirakan akan terus meningkat. Diharapkan tahun depan, ada sekitar 10 " 15 produser layar lebar dari produser box office yang akanmelakukan pengambilan gambar di Indonesia.
Melalui AFF ini, Indonesia ingin memperluas kerjasama, membagi informasi karena kita memiliki potensi yang sangat banyak untuk bisa dijadikan sebagai negara tujuan untuk lokasi syuting. Usaha ini dimaksudkan agar melalui film Indonesia dapat dipromosikan lebih gencar lagi dan pada gilirannya akan menarik minat wisman untuk berkunjung ke Indonesia, kata Mari
Agenda ASEAN FILM FESTIVAL 2011 meliputi pemutaran film-film pilihan dari Indonesia, Malaysia, Singapura, Thailand, Brunei, Filipina, Kamboja, Vietnam, Myanmar dan Laos yang berlangsung dari Rabu, 16 November sampai Kamis, 17 November 2011 di Studio 21 Galleria, Kuta. Sementara itu, seminar film akan menghadirkan pembicara utama Sekjen ASEAN Dr. Surin Pitsuwan, Menteri Pariwisata & Ekonomi Kreatif Mari Elka Pangestu, mantan Vice President Universal Studios Donna Smith dan sejumlah pengamat dan pakar perfilman dari negara-negara ASEAN. (Puskompub)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar